Persib Daftarkan GBLA sebagai Markas di Liga 1 2022/2023, LIB Beri Perhatian Khusus

  • Share
Pemkot Bandung Bakal Bahas Pengunaan GBLA untuk Turnamen Pramusim

Wartaindustri.id – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno menyebut Persib Bandung telah mendaftarkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai markas alias kandang mereka untuk kompetisi Liga 1 2022/2023.

Sebelumnya, banyak yang mengira Persib akan memilih markas lain. Itu setelah adanya peristiwa tewasnya dua orang Bobotoh –kelompok suporter Persib– di GBLA dalam turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Setelah tewasnya dua Bobotoh itu, Maung Bandung –julukan Persib– dilarang bermain di GBLA. Komite Disiplin (Komdis) PSSI menyebut stadion berkapasitas 38 ribu penonton itu tidak layak.

Dilaporkan banyak kerusakan di sana-sini di GBLA, dari mulai keretakan di dinding, lantai, hingga pagar pengamanan.

Baca Juga:
Final Piala Presiden 2022: Arema FC Menang 1-0, Borneo FC Samarinda Belum Tamat

Selain infrastruktur, panitia pertandingan juga menjadi sorotan. Sebab, saat tewasnya dua Bobotoh itu mereka gagal mengantisipasi lonjakan suporter.

Meski demikian, Persib nampaknya tetap kukuh berkandang di GBLA, alih-alih menggunakan stadion lain di Bandung yakni Stadion Si Jalak Harupat.

“Persib Bandung tetap main di GBLA,” kata Sudjarno di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno. [Wartaindustri.id / Imam Rosidin]

Agar kejadian GBLA tidak terulang kembali, LIB kini lebih waspada. Mereka akan membekali panitia pertandingan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

“Peristiwa itu (insiden GBLA) kami jadikan pelajaran, soal bagaimana LOC mengemas-mengelola kejadian-kejadian di lapangan. Kami bicara terkait over-capacity, pintu yang tidak dijaga, pengelolaan ticketing,” terang Sudjarno.

Baca Juga:
Cedera Hamstring, PSIS Terancam Tanpa Carlos Fortes di Pekan Pembuka Liga 1

“Semua harus disiapkan, Kuncinya koordinasi internal maupun eksternal. Eksternal itu bisa dengan Dishub, kepolisian, dan lain-lain,” pungkasnya.

Adapun musim baru Liga 1 akan kick-off mulai 23 Juli 2022. Persib Bandung sendiri lebih dahulu bermain away di pekan pembuka Liga 1 2022/2023 yakni melawan Bhayangkara FC pada 24 Juli nanti.



#Persib #Daftarkan #GBLA #sebagai #Markas #Liga #LIB #Beri #Perhatian #Khusus

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.