Nyawa Lebih Berharga Dari Sepakbola, APPI Desak Evaluasi Total Buntut 2 Suporter Persib Tewas Di GBLA

  • Share
Nyawa Lebih Berharga Dari Sepakbola, APPI Desak Evaluasi Total Buntut 2 Suporter Persib Tewas Di GBLA

Wartaindustri.id – Seluruh pesepakbola profesional di Tanah Air menyampaikan rasa duka atas suporter tewas, yakni Bobotoh alias fans Persib Bandung, Jumat, 17 Juni 2022. Duka cita para pemain disampaikan melalui Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Sofian Yusuf dan Asep Ahmad Solihin tewas saat datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mendukung tim kesayangannya bertanding kontra Persebaya Surabaya dalam Piala Presiden 2022.

Diduga, Sofian dan Solihin meninggal dunia karena berdesak-desakan di pintu masuk stadion karena lonjakan suporter yang hadir.

“Membludaknya jumlah suporter mengakibatkan terjadinya chaos di depan gerbang masuk dan menimbulkan korban jiwa yang diakibatkan kehabisan oksigen,” tulis APPI dalam rilisnya.

Baca Juga:
Tragedi Pilu Suporter Tewas Di GBLA: Dari Solihin Dan Sopian Hingga Riko Dan Haringga Sirla

APPI menginginkan adanya evaluasi total setelah kejadian ini. Mereka tak mau kejadian serupa terulang kembali di kemudian hari.

Semua pihak harus menyadari antusias suporter bakalan tinggi mengingat mereka sudah dua tahun tak bisa menyaksikan tim kesayangannya bertanding lantaran pandemi Covid-19.

“Perlu ada evaluasi yang dilakukan oleh penyelenggara terutama panitia pelaksana pertandingan dan pihak-pihak terkait lainnya, mengingat euforia kehadiran penonton dalam stadion baru hadir kembali dalam sepak bola Indonesia.”

“Dan perlu diingat saat ini meski berbagai aturan sudah dilonggarkan, tetapi kita masih berada di masa pandemi di mana juga sesuai arahan Pemerintah masih harus menghindari kondisi yang berdesak-desakan.”

APPI mengingatkan kesehatan, keselamatan, dan nyawa lebih berharga dari apapun termasuk sepakbola. Ia berharap semua pihak bisa berbenah agar tak ada lagi nyawa hilang di lingkup sepakbola Tanah Air.

Baca Juga:
Dua Suporter Tewas Di GBLA, Kapten Persib: Nyawa Lebih Penting Dari Kemenangan

“Tentunya APPI berharap agar kesehatan dan keselamatan selalu menjadi aspek utama yang dipentingkan dalam sepakbola,” tutup APPI.



#Nyawa #Lebih #Berharga #Dari #Sepakbola #APPI #Desak #Evaluasi #Total #Buntut #Suporter #Persib #Tewas #GBLA

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.